Sabtu, 07 Agustus 2010

Belajar Delphi


Sekilas Tentang Borland Delphi

Menurut LPKBM MADCOMS ”Delphi merupakan salah satu bahasa pemograman yang bekerja dibawah lingkup sistem operasi windows, dengan menggunakan struktur bahasa pemograman object pascal (MADCOMS, 2001)”. Yang menerangkan bahwa Delphi adalah penterjemah bahasa Delphi (awalnya dari Pascal) yang tingkat tinggi sekelas dengan Basic dan bahasa C . Bahasa Pemrograman di Delphi disebut adalah bahasa procedural yang artinya bahasa/sintaknya mengikuti urutan tertentu / prosedur. Ada jenis pemrograman non-prosedural seperti pemrograman untuk kecerdasan buatan seperti bahasa Prolog.
Delphi termasuk Keluarga Visual sekelas Visual Basic, Visual C, artinya perintah-perintah untuk membuat objek dapat dilakukan secara visual. Pemrogram tinggal memilih objek apa yang ingin dimasukkan kedalam Form/Window, lalu tingkah laku objek tersebut saat menerima event/aksi tinggal dibuat programnya. Dengan mengunakan Delphi seorang programmer dapat membuat aplikasi berbasis windows dengan beberapa keungulan, yaitu pada produktifitas, kualitas, pengembangan perangkat lunak, kecepatan kompiler, pola desain yang menarik, serta di perkuat dengan bahasa pemrograman yang terstruktur dalam struktur bahasa pemrograman objek pascal.
Kemampuan Delphi dapat di gunakan untuk merancang program aplikasi yang memiliki program tampilan seperti program aplikasi lain yang berbasis windows. Khusus untuk pemrograman database, Borland Delphi menyediakan objek yang kuat dan lengkap yang memudahkan programmer membuat program untuk aplikasi database. Format database yang dimiliki Delphi yaitu format database Paradox, dBase, Ms, Access, ODBC, SyBASE, Orecle, dan lain-lain.


Tampilan pada Delphi bisa kita lihat seperti dibawah ini :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Atas komentar Anda...... Semoga Berguna Bagi Redaksi Kami